Memperbaiki charger Laptop yang rusak

Charger Laptop kita sering bermasalah, tidak charge, dipasang tidak nyala dan sebagainya.
Ada beberapa permasalah charger laptop yang sering kita temui.
1. Charger indikator lampu tidak menyala.
2. Charger indikator lampu nyala tapi pada laptop tidak ada indikasi charger bekerja.
3. Charger indikator lampu nyala tapi saat dipasang di laptop, indikator di laptop mati hidup.

Pada kesempatan ini saya coba membahasnya terutama pada point kedua, alat yang perlu dibutuhkan antara lain :
1. Solder
2. Timah solder
3. Cutter/Gunting
4. Multitester
5. Jarum Pentul

Pada contoh kasus ini kita mengganggap charger tidak charge, tapi indikator lampu pada charger nyala, ini menandakan bahwa charger sebenernya bekerja tapi arus tidak sampai pada ujung jack menuju laptop.

Kesimpulannya kerusakan pada kabel ataupun jack, bagaimana kita mengetahui jack yang rusak ataupun sebelah mana kabel yang putus? Disini saya berbagi pengalaman, biar langkah yang kita ambil lebih efisien.
Kenapa dikatakan efisien, karena ketika kita perkiraan yang rusak jack dan kita potong kabel di dekat jack, ternyata kabel yang putus di tengah-tengah ataupun di sisi paling dekat dengan charger. ini mengakibatkan tindakan kita jadi tidak efisien. Itu pun terjadi ketika perkiraan kita sebaliknya, kita perkiraan yang putus di sisi kabel paling dekat dg charger dan kita potong setelah kita cek ternyata arus ada, dan ternyata yang rusak sisi jack ataupun kabel mendekati jack. Ada lagi dengan perkiraan memotong kabel, setelah dicek kabel bekerja dg baik pada sisi itu kemudian kita memotong pada sisi lain dan akhirnya kabelpun berkurang banyak. yang mengakibatkan kabel charger semakin pendek.

Tidak perlu lagi berpanjang-panjang, saya bagikan trik nya :
Pertama kita siapkan Multitester, saya anggap rekan sudah mengerti penggunaannya, untuk mengecek adakah arus pada ujung jack.
Kedua, setelah kita cek ternyata arus memang tidak ada, langkah berikutnya adalah mengambil jarum pentul dan tancapkan pada tengah-tengah kabel tembus dari sisi atas dan bawah. Penusukan kabel ini kita letakan setengah dari panjang kabel charger, ini sebagai jalan mengusahakan seefisien mungkin.
Perhatikan indikator lampu pada charger, biasanya lampu indikator masih nyala karena arus tidak terpakai.
  1. Jika pada saat jarum pentul ditancapkan, lampu indikator pada charger mati (konslet) berarti posisi kabel yang kita tusuk itu masih baik dari posisi jarum sampe ke dalam charger. Bisa disimpulkan bahwa yang putus itu kabel dari sisi jarum sampe jack.
  2. Jika pada saat jarum pentul ditancapkan, lampu indikator pada charger tetep nyala berarti posisi kabel yang kita tusuk dari posisi jarum sampe ke dalam charger itu rusak atau putus. Kita simpulkan bahwa kabel dari posisi jarum ke jack masih bagus.
  3. Untuk memastikan lebih lanjut kita gunakan alat tester, posisi jarum masih menusuk kabel, cek dengan tester apakah bener2 kabel putus atau tidak dengan cara tes ujung jack dengan jarum. Jarum ini berfungsi untuk konduktor menuju kabel baik positif maupun negatif tanpa harus mengupas kabel.

Keempat, lakukan penusukan seefisien mungkin, setelah kita mengetahui sisi kabel mana yang putus lakukan pemotongan dan buang sisi kabel yang putus.
Kelima, sambung kembali kabel dengan timah solder dengan solder yang sudah disiapkan..
Keenam, beri isolasi pada sambungan kabel, biar lebih aman.
Jika yang putus kabel sisi dalam charger biasanya kita putus paling pendek kemudian sambungkan lagi pada pcb charger.

Semoga bisa membantu rekan yang mengalami masalah tersebut. Terimakasih.

8 comments:

  1. oh ternyata ada cara memperbaiki charger laptop yang rusak, tau gitu saya tidak beli charger dulu

    ReplyDelete
  2. gan kalau kabel yang putusnya dekat mau colokan ke laptop gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. solusi cari kabel charger lain yang masih bagus untuk disambung ke charger, atau kalo tidak ada, haris di klupas di bagian pangkal konektor selanjutnya disolder

      Delete
  3. Charger Toshiba Saya tidak ada lampu indikator. Permasalahan Saya adalah ketika di tancap kan ke lubang steker, lampu indikator dilaptop menyala namun pas Saya nyalakan laptop lsg lampu indikator di laptop mati, kira2 apa Permasalahan nya krn Saya mau bongkar sendiri, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laptop yang rusak, kemungkinan ada di motherboard, saya sarankan service pada ahlinya

      Delete
    2. Ketika saya main game sambil charger tapi baterai dilepas tiba2 listrik mati setelah listrik nyala , saya coba charger lagi , tapi indikator dilaptop gk nyala sm sekali, itu permasalahannya dimana ya min?

      Delete
    3. untuk memastikan, coba kalo pake batre saja, laptop normal tidak? kalo tidak tp laptop ga mau nyala (catatan batre ada isinya) laptop rusak.
      Kalo carger ada indikator lampunya kalo lampu mati, charger rusak. kalo ga ada indikatornya, coba cek dengan multimeter, kalo ga ada multimeter konsletkan kutub positif n negatif jack carger ya ke laptop kalo ada percikan kemungkinan charger masih baik, kalao tidak charger rusak, ganti saja,

      Delete

http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com