Install Windows 10 Aspire ES1-432 secure boot

Seperti biasa hari ini Selasa 03 Januari 2017 masih suasana tahun baru dan setelah libur panjang anak sekolah, cuaca masih panas membuat tidak nyaman untuk beraktifias di lapangan. Padahal sih ga pernah kerja di lapangan. 
Mulainya aktifitas sekolah membuat banyak orang mulai melakukan rutinitas yang beberapa minggu ini sepertinya berkurang, contohnya anak sekolah yang mulai bangun pagi, berangkat sekolah, mengerjakan tugas dan jajan tentunya. Bagi guru dan karyawan sekolah membuat aktifitas dengan perangkat komputer atau laptop akan segera dimulai.

Disinilah untuk menunjang aktifitas itu segera disiapkan salah satunya membeli Laptop BARU. Pilihan jatuh pada Laptop Acer Aspire ES1-432 dengan harga yang cukup terjangkau Laptop ini sudah cukup untuk mengerjakan aktifitas perkantoran bukan Design Grafis.

Notebook ini driver yang disediakan hanya untuk Windows 10 64bit, bila diinstal windows dibawahnya bisa saja namun resiko beberapa driver tidak bekerja pasti ada, karena tidak adanya suport driver dari Acer sendiri.

Persiapan instalasi Windows 10 segera dimulai penuh dengan kepercayaan diri, seperti biasa pasti tidak sulit untuk instalasi Notebook baru. Tapi apa daya ternyata kepercayaan diri yang berlebih membuat jadi sulit, setelah proses pemindahan bootable ke USB, ada masalah yaitu USB flashdisk master windows tidak terbaca pada merk tertentu, Alhasil kita harus membuat bootable usb baru yang bisa terdeteksi oleh bios laptop ini.
Acer ES1-432 Bios secure boot
Setelah bootable siap masalah lain timbul, muncul secure boot saat booting ke usb bootable dengan GPT, kemudian coba menggunakan bootbale MBR ternyata OK.
Berhubung yang kita inginkan menggunakan partisi GPT, saya coba mengatasi masalah secure boot yang muncul.
Pertama kita masuk bios
Kedua masuk ke menu Boot dan secure boot disable



Jika kita tidak bisa men-disable menu ini selanjutnya
Langkah berikutnya masuk ke menu Security

Set Supervisor password bikin pasword dan restart
ulangi langkah Petama dan disable menu secure boot

Sekarang bootable GPT sudah berhasil tanpa muncul secure boot.

Setelah beberapa kasus pada Install Windows ES1-432 ternyata beragam masalah yang timbul, tidak bisanya bootable berjalan, tidak suportnya partisisi, karena penggunaan GPT atau MBR, Sebenernya di atas beberapa sudah disampaikan tapi kali ini saya mencoba untuk lebih meringkas lagi point-poinya.
Pertama jika pada saat Install Windows 10 Aspire ES1-432 secure boot tidak terdeteksi USB bootable kita.
Dari pengalaman saya laptop ini pada saat Install Windows ES1-432 tidak terdeteksi device bootable dalam hal ini USB flashdisk bootable dikarenakan beberapa merk yang tidak terdeteksi, sementara merek lain ok tidak masalah. Jadi jika Anda mengalami hal ini bisa mencoba membuat bootable dengan flashdisk merek lain, Tentunya biar tidak membuang waktu, cek dengan flashdik merek lain dan mencoba di bios terdeteksi atau tidak device (Flashdisk) kita, selanjutnya baru membuat bootable dengan rufus.

Kedua jika pada saat Install Windows 10 Aspire ES1-432 muncul error load driver
Masalah ini timbul ketika kita pada saat install windows dari awal sepertinya normal, tapi ketika pada menu daftar drive laptop muncul pesan error untuk load driver, hal ini biasanya usb bootable Anda terletak pada port USB 3 sementara itu tidak suport. Untuk mengatasi pindahkan USB bootable kita ke port USB 2 yang biasanya ditandai dengan warna hitam, beda dengan port USB 3 yang berwarna Biru.
Pada kasus ini sebenernya juga ada solusi jika bootable kita sudah suport USB3 driver. walo USB bootable terpasang di USB 3 Port tapi instalasi Windwos pada Aspire ES1-432 tidak mengalami masalah, yaitu dengan menambahkan driver USB 3 pada master windows di bootable, Caranya bisa klik Cara Menambah driver USB pada master Windows.


Ketiga 
Setelah beberapa kali saya telusuri, sementara saya simpulkan laptop ES1-432 ini tidak bisa diinstal menggunakan bootable MBR alias harus menggunakan bootable GPT, dan juga menggunakan windows 10 atau windows 8 berjalan dengan baik, sementara pada instalasi windows 7, bootable dengan GPT bisa berjalan tapi pada saat instalasi ternyata mengalami kendala berhenti di tengah jalan. Hal ini belum saya pecahkan masalahnya, mungkin memang benar laptop ini hanya bisa instalasi windows 8 dan windows 10.

Ini saya kasih contoh Instalasi Windows 10 di Acer ES1-432 Disini


82 comments:

  1. pake aplikasi isntaller usb apa mas? rufus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
      cobain open source project rancangan ane gan >

      IT Tools Pack Solution 2018 Rescue

      #SalamSatuTeknologi

      Delete
  2. sudah diikuti petunjuknya tetap ga bisa gan, please nomor kontak yg bisa dihubungi gan

    ReplyDelete
  3. cara biar bootable kebaca di bios gimana mas???

    ReplyDelete
  4. kalo bootablenya sudah berfungsi baik, tp tetep tidak berfungsi, perhatikan uefi atau legacy, usb bootble letakan di usb 2 jgn usb 3

    ReplyDelete
  5. kalo bootable gpt, pake uefi, kalo mbr pake legacy

    ReplyDelete
  6. Flash disk merek apa yg bgs digunakan

    ReplyDelete
  7. Flash disk merek apa yg bgs digunakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, saya tidak ingat pastinya, tp kalo ga salah kingston

      Delete
  8. Mas kok leptop ini gak bisa cloning ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laptop keluaran baru banyak yang sulit di cloning, coba pake legacy jika ingin cloning

      Delete
  9. Punya saya acer. Tidak ada Uefi fi atas secure boot. Terus sudahh boot pake flash tetap gk kebaca. Di depan layar tulisan no bootable device. Hard dissk baik. Apa masalahnya ya? Ditolong dong bang. Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cari di boas menu fast boot pilih disable

      Delete
  10. Laptop saya acer es1-432 no bootable device, tidak ada uefi legacynya apa , gmn caranya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. fast boot disable, bootable harus pake usb fd win10 64bit

      Delete
  11. coba pasang usb bootablenya, pastikan pada menu boot usb bootable kita terletak pada posisi paling atas

    ReplyDelete
  12. Mas secure boot nya sudah saya disable tapi kok bootablenya gak kebaca.. saya pake dvd rom mas. Dvd rom nya baru dan saya burning pake nero. Semula saya coba tes pada asus win 7 dan bootablenya terbaca. Saya pake acer es1-432. Mohon pencerahanya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake bootable dvd room tidak bisa hrs usb fd

      Delete
  13. Sepertinya bootable tidak terbaca saat booting laptop

    ReplyDelete
  14. Hari ini saya dapat ES1-432 lagi. setelah mencoba cari masalah yang sering timbul, kesimpulan sementara laptop ini diinstal harus dengan GPT bootable

    ReplyDelete
  15. salam
    sy memiliki 3 laptop acer aspire es1-132 baru dalam kondisi tidak ada OS kalau dihidupkan tertulis “No Bootable device”. sy mencoba install dengan windows 10 32 bit menggunakan flashdisk dengan aplikasi Rufus 2.17. tapi setelah booting flashdisk tidak terbaca. boot secure sudah dalam kondisi disable. tiga laptop tersebut mengalami hal yang sama saat akan di install.
    mohon petunjuknya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat bootable nya gpt to uefi

      Delete
    2. tetap tidak terbaca flashdisk dalam settingan bios

      Delete
    3. fast boot disable, ganti merk flashdisk, usb di port usb2, coba diantara itu, smoga berhasil

      Delete
    4. Gan Kasusu ku sama dengan yang dia atas,,, sudah saya coba ikuti semua saran termasuk dalam komena, saya pakai FD Kingston, sundist 2 versi tetep ga bisa gan samapai saya putuskan rasa penasaran pakai instal pakai DVD tetep ga bisa ngebooting.. KNP ya gan, barang kali masih ada solusi yang tertinggal?? mohon poencerahannya

      Delete
    5. bikin bootable nya pake apa? saya pake rufus, gpt to uefi, win 10 64 bit, misal 1 kali ga jadi, coba bikin lagi, kadang saat pembuatan bootable tidak sempurna, yg penting GPT to UEFI

      Delete
  16. Paling mudah : buat usb installer windows (7/8/10) dengan Rufus, pilih partisi scheme and target : GPT partition for UEFI, file system:fat32, tentukan ISO file(windows source)nya. Start and... Done. Pasti berhasil!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak bisa gan.. Fat32 untuk iso nya Win 10 gak mau krn lebih dari 5GB katanya...

      Delete
  17. Gagal produk😀😀bikin mumet bang
    Susahnya ampun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba upgrade biosnya, tapi hati2 bisa mati kalo gagal upgrade. Dari beberapa pengalaman saya alhamdulillah blm pernah gagal, biasanya masalah di bootablenya, gunakan bootable GPT for UEFI insya ALloh tidak ada masalah

      Delete
  18. Tetep ga jadi gan.boot usb hdd dah terbaca.harusnya load windows tp knp layar jadi blank biru ya.mohon koreksinya..

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah mkasih bnyak gan
    Dengan gpt to uefi bisa.... Thanks bngetvya infonya rekan rekab yangbkomen juga sangat membantu...

    ReplyDelete
  20. Mas saat kita buat bootabel di rufus berarti yg dipilih GPT partition scheme for UEFI ya mas,..?

    ReplyDelete
  21. Ternyata yg kumpul disini orang2 yg punya masalah sama. Hahahaha
    Tanks infonya mas. Dicoba dulu

    ReplyDelete
  22. Trimakasih kunjungannya semoga bisa membantu, bagi rekan yang sudah berhasil smoga berkenan comment tentang titik keberhasilan agar yang lain bisa ikut berhasil.

    ReplyDelete
  23. Mas win 10 aja ya,yg win 7 tidak bisa emngnya di acer es 14???

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah coba bikin bootbale win7 tp harus gpt to uefi, bootable berjalan, tapi saya tidak lanjutkan, pertimbangan kalo driver tidak suport semua jadi percuma

      Delete
  24. Halo kawan
    Saya juga memiliki masalah yg sama posisi acer aspire e5-471. Tolong bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. #URGENT SANGAT
      cerita mau install ulang, trus stuck di jalan. Akhirnya ane buat bootable baru dari os yg lain. Pas di menu utama ane udh hapus semua partisi kecuali 1 partisi (drive d tempat backup). Pas mau klik new ternyata ga bisa karena hdd ane gpt (ane buat installannya yg mbr). Abis itu ane buat bootable baru yg gpt. Tapi malah muncul tulisan "no bootable device". Posisi laptop acer aspire e5-471.
      Intinya : pake bootable mbr bisa msk ke halaman utama tapi ga bisa install karena hdd gpt.
      Pake bootable gpt kluar tulisan " no bootable device".
      Tolong bantuannya kawan. Tugas kuliah udh numpuk.
      Terima kasih

      Delete
    2. Perhatikan lagi setting biosnya scure boot disable dst, pastikan bootable gpt sudah berjalan dengan baik. kalo mau tetetp mbr, partisi harus dibuang semua, file backup harus dipindah ke media lain (ekternal)

      Delete
    3. @Yosua Andika kalo sudah gitu tinggal ganti aja hdd dari gpt ke mbr pake cmd ,aga koq caranya di google banyak

      Delete
  25. Di dalam rufus. Untuk file systemnya pakai FAT32 atau NTPS?

    ReplyDelete
  26. Di dalam rufus. Untuk file systemnya pakai FAT32 atau NTPS?

    ReplyDelete
  27. NTFS, masukan iso dulu baru setting uefi to gpt

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah berhasil makasih ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allhamdulillah, ikut senang

      Delete
    2. Gimana bisa berhasil share caranya h

      Delete
  29. Terima kasih banyak agan sudah bahas di blog ini.... Saya merasa windows 10 kurang nyaman untuk saya pakai... Untuk requirement laptop es1-432 ini adalah linux dan win 10 64 bit only... Saya sudah mencoba membuat partisi gpt to uefi berisi win 7 64 bit dengan rufus, dan dapat terbaca.... Setelah loading windows file, dan loading starting windows, disitu stuck dan tidak bisa lanjut.. Mohon koreksinya apakah bisa diinstal 7. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya 1 kali mengalami itu, tapi tidak mencoba lagi mencari permasalahannya, ada kemungkinan memang laptop ini tidak suport di win7 atau ada syarat khusus di master windows, ini belum saya cari tahu. tapi dari beberapa laptop yg tidak suport win7 saya paksa instal win7 ada beberapa driver ya tidak disuport, jadi saya sarankan tetep win 10 64bit.
      Pengalaman saya laptop yang suport win 10 ada yg gagal di driver vga, walo ada yg berhasil pake driver vendor chipset, bukan dari driver merk laptop.

      Delete
    2. oke.. tapi instal ulang dengan windows 10 64bit tetap menunggakan rufus dengan partisi gpt to uefi ya?

      Delete
    3. iya, laptop tipe ini, harus gpt to uefi

      Delete
  30. Gan ane mau install Acer es1-431-c1ps ke win7, pas mau di install kok ada windows boot manager ga bisa pilihan yg lain, mohon dibantu ga, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira ini laptop sama dengan 432, jadi tidak direkomendasikan win7, misalnya mau dipaksa, sesuai postingan, dan beberapa komentar sudah dibahas, master boot harus gpt to uefi, bootable harus suport itu, scure boot disable dan sebagainya sesuai postingan dan beberapa komentar yang membahas. semoga membantu

      Delete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Seandainya pakai win 10 yg 32 bit, bootable tetep ga bakal kebaca ya suhu?
    Acer E 14 432
    Usb port 2
    FD sandisk (gpt to uefi, fat32 udh nyoba juga pake ntfs)
    Bios set (secure boot disable, nyari settingan fast boot ga ada)

    permasalahan intinya bootable tetep ga kebaca. Mohon pencerahan suhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum coba win10 32 bit, rekomended win64bit, soalnya bila jadi pun pake 32bit, sepertinya driver ga suport. saat buat bootable, pake rufus, masukan iso dulu baru set gpt to uefi, karena karo set gpt to uefi baru kemudian masukan iso, saat start hasilnya bukan gpt to uefi

      Delete
  33. Kalo hardisnya sudah mbr gimana gan cara mengatasinya... Padahal saya sudah buat botablenya yg gpt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetep gak kebaca fledisnya.. Mohon petunjuk gan... Trims

      Delete
    2. sudah dipastikan tutorialnya sesuai ? Ganti flashdisk lain, bikin bootable nya dg benar, masukan iso win10 64 bit jangan yang AIO, saat bikin bootable dg rufus, masukan iso dahulu baru set gpt to uefi baru start. pastikan secure boot disable. smoga membantu

      Delete
    3. kalo mbr blm ada datanya dihapus saja, tp kalo sudah ada datanya, convert ke gpt saja

      Delete
    4. Di boot menu option fd gak di baca gan

      Delete
  34. Gimana caranya memformat hardis mbr ke gpt gan... Ini saya sampek sekarang tetep gak bisa boting via fd.. Padahal saya sudah mengikuti apa yg sampean tuturkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo flashdisk belum terbaca, kemungkinan setting bios yang belum benar, atau pembuatan bootable yang belum sempurna jg bisa. ada pengalaman jga beda merk berpengaruh

      Delete
  35. Suhu minta kontak WA kalau ada,, saya mau bertanya banyak tentang Es1-432 ini

    ReplyDelete
  36. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
    cobain open source project rancangan ane gan >

    IT Tools Pack Solution 2018 Rescue

    #SalamSatuTeknologi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak saya mau d downgrade ke windows 7 gimana ya caranya, ga bisa terus nih laptop tipe ini

      Delete
    2. Tidak bisa gan, dari beberapa teman yang infokan belum ada yang kabar berhasil rata2 berhenti di logo windows 7

      Delete
  37. Saya udah berhasih instal win 8.1 tapi driver vga tidak ada yh cocok g mana mengatasinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari di website intel, cari berdasarkan procesornya, kalo ada driver vga nya berarti bisa untuk win 8.1, kalo tidak harus sesuai rekomendasinya win10

      Delete

http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com