Install Windows 10 Di Asus E203NAH

Siang ini begitu menyengat panasnya, padahal tadi pagi cukup dingin ketika adzan subuh berkumandang sampai matahari mulai menampakan  dirinya, mungkin suasana musim kemarau masih menyelimuti. 

Siang yang panas ini, ada tamu yang meminta dibantuin karena Laptopnya terasa lambat, setelah beberapa pembicaraan diputuskan untuk dibantu Install Ulang Windows 10.

Laptop yang ingin diperbaiki yaitu ASUS E203NAH, tanpa pikir panjang, langsung saya siapkan alat tempur untuk Install Ulang. 

Pertama  Pasang USB Bootable win10, laptop ini pasti UEFI jadi pakai bootable yang GPT to UEFI
Telolet Telolet OM !
Ternyata bootable tidak berjalan, penasaran bootable rusak kah ? Padahal ini andalan Bootable ketika menghadapi Laptop dengan kasus GPT to UEFI yang sulit ditaklukan.

Coba jurus Acronic sebagai andalan, setelah proses restart dan taram taram taram, laptop tidak booting, pada menu boot di bios pilihan hardisk justru hilang, yang ada bootable usb kita.

Sempet kaget, tapi pasti dan yakin ada jalan, biasanya menu fast boot menjadi solusi, dari beberapa kasus, ketemulah menu fast boot disable, dengan harapan yang cukup tinggi laptop direstart dan hasilnya nihil.

Khawatir sudah menyelimuti perasaan ini, tapi optimis masih membara, biar seperti Keyakinan Pemerintah dengan Asian Games sehingga bisa SUKSES baik penyelenggaraan maupun PRestasi. Gau mau kalah dengan Jokowi dengan optimis bisa menjadikan yang tidak mungkin jadi mungkin.

Allhamdulillah ternyata tidak sulit sebenarnya, kurang teliti saja masalahnya, pada dasarnya ketika kita menghadapi Laptop dengan bios GPT to UEFI, langkah pertama kita harus mempunyai bootable GPT to UEFI yang sudah teruji kesuksesannya.

Selanjutnya ketika bootable terjamin itu dipasang ternyata tidak berjalan, langkah selanjutnya yaitu pastikan bootable kita terpasang dengan baik dan terbaca oleh BIOS.

Setelah hal tersebut bisa dipastikan berjalan dengan baik, langkah selanjutnya biasanya ada menu Fast Boot ini kita set DISABLE.

Ada langkah lagi yang merupakan kunci dari beberapa kasus bootable UEFI tidak berjalan yaitu menu Secure Boot ini juga harus disable. Menu ini ada yang tinggal disable ada juga yang mengharuskan kita set Password administrator untuk bisa disable atau enable Secure Boot ini.

Pada kasus Asus E203NAH ini ternyata menu Secure Boot berada pada sisi bawah yang kadang kita lupa untuk melihat sisi bawah pada menu ini.

Demikian kasus ASUS E203NAH tidak bisa install Windows 10 Gpt to UEFI. Salam, semoga membantu.


0 komentar:

Post a Comment

http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com http://www.hokynet.com